What’s Happened to ALTHEA, HERMO and STYLE KOREAN ? (Part 1)

News Update (6/10) : ALTHEA WILL COME BACK !! Yeay !!! 

a

Hi Beauties ! Welcome back to my page ❤

Sadly, gue sekarang lagi bingung banget gegara beberapa platform online shop Korean khusus skin care dan make up pada diblokir karena bermasalah dengan bea cukai Indonesia. Parahnya, ga cuma 1 platform yang diblokir, Beauties. Seriously, gue sebagai Korean beauty enthusiast jadi bingung mau beli skin care di mana T.T

So, here 3 big online platform that have been blocked :

1. Althea Korea (Althea Id)

Website : id.althea.kr
Instagram : @altheakorea
Facebook : Althea

Althea ini adalah platform Korean online shop pertama khusus skin care dan make up. Mereka menjual produk-produk tersebut secara direct dari Korea ke Indonesia. Ini karena Althea adalah perusahaan Korea. Althea adalah platform langganan gue yang pertama. Lewat platform ini pula akhirnya gue punya skin care dari Korea. Althea Korea is my fav ❤

Disclaimer : Gue ga nyebut KoreaBuys sebagai platform pertama karena KoreaBuys ga cuma jual skin care dan make up, tapi juga aksesoris, baju, album Kpop dan lain2.

Kelebihan Althea ? (baca ini : PERTAMA KALI BELANJA DI ALTHEA KOREA, LANGSUNG DAPAT GIVEAWAY DARI MERK TERKENAL!)

Nah, jadi gue sempet kaget pas pertama kali website Althea diblokir. Kira-kira awal tahun 2017 ini. Awalnya gue langsung bingung dan ngomel-ngomel ga jelas karena pas itu gue ga bisa beli skin care hiks. Pas diblokir, halaman yang keluar adalah Internet Positif sehingga kita ga bakal bisa akses.

Untungnya, beberapa jaringan wifi masih bisa dipake buat buka website. Gue ga tau sih kriteria jaringan yang bisa buka itu harus kaya gimana. Pokoknya pas itu gue buka pake wifi kampus , dan bisa haha. Tapi lumayan bete juga sih . Masa pas mau belanja online kudu ke kampus dulu -_-

Nah, pas banget sebelum diblokir, Althea udah bikin aplikasi belanja online di Playstore. Tapi karena saat itu masih tahap pengembangan, aplikasinya belum berfungsi maksimal dan loadingnya luaaamaaaaaa banget. Pas awal sign in pun akun gue malah masuk ke Althea Malaysia, bukan Althea Indonesia.

Akhirnya, gue kudu ke kampus dulu buat buka website Althea. Sedih. Dan sejak bulan ini, penderitaan Korean beauty enthusiast bertambah. Bukan cuma website yang diblokir, tapi pengiriman barang akhirnya ke-delay. Awalnya gue pikir masalah ini bakal cepet terselesaikan, tapi malah makin parah.

Ini postingan terakhir dari fanpage Althea Indonesia di Facebook :

1

2. HERMO Id

Website : www.hermo.co.id

Hermo adalah platform online yang hampir mirip dengan Althea. Perusahaan asal Malaysia ini mulai banya dikenal setelah Althea booming di Indonesia. Hermo kebanyakan melakukan promosi lewat Instagram dan Youtube. Sayangnya, platform ini ga tahan lama. Di tengah hebohnya Hermo, perusahaan ini justru sekarang memutuskan untuk tidak beroperasi lagi sejak 19 Juni 2017. Gue ga tau alasan jelasnya kenapa karena emang sama Hermo ga dijelasin. Tapi kemungkinan mereka mengalami permasalahan yang sama dengan Althea, yaitu Bea Cukai.

3

3. STYLE KOREAN

Website : www.stylekorean.com
Instagram : @stylekorean_id

Facebook : StyleKorean

Style Korean ini mulai booming semenjak banyak selebgram yang nge-review atau endorse produk-produk Korea. Awal gue kenal Style Korean juga dari Instagram. Tepatnya setelah ngeliat salah satu Beauty Vlogger favorit gue (@molita_lin) lagi nge-endorse salah satu produk dari Style Korean.

Nah, kalo ga salah sejak Juli kemarin, Style Korean mulai kena masalah juga sama Bea Cukai. Mereka juga nge-post di IG :

3

Nah, jadi itu Beauties, 3 platform online besar yang sampe sekarang masih bermasalah dengan Bea Cukai. Sampe sekarang, Althea dan Style Korean masih beroperasi dan berusaha menyelesaikan permasalahan dengan Bea Cukai Indonesia. Gatau sih selesainya bisa kapan. Sayangnya, Hermo ini udah ga bisa bertahan dan memutuskan untuk berhenti beroperasi. Sedih ya Beauties 😦

Untuk alasan dan detail permasalahannya, gue masih belum ngerti. Kebetulan tanggal 29 Agustus nanti gue udah janjian sama Pak Sofian Solihin, Ketua Harian Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia buat bahas mendetail tentang masalah ini.

So Beauties, gue bakal bikin postingan baru (Part 2 atau 3) setelah gue dapat informasi yang jelas dari Pak Sofian terkait masalah ini. Semoga tidak ada lagi yang dirugikan ya Beauties 🙂

Hi ! Part 2 is out now https://devlaboratory.wordpress.com/2017/09/22/whats-happened-to-althea-hermo-and-style-korean-part-2/

Thanks for reading ! Feel free to comment and share your thought ❤

Love,

PicsArt_07-28-02.19.08

16 respons untuk ‘What’s Happened to ALTHEA, HERMO and STYLE KOREAN ? (Part 1)

  1. Wishtrend juga sekarang lagi close shipping ke Indonesia. Mungkin maksud baik pemerintah takut banyak kosmetik palsu atau abal2 beredar di sini kali ya 😦
    Semoga bukan karena ada udang dibalik bakwan hehehe…

    Suka

  2. Hi Devi, aku sedih banget lho hermo tutup. Apalagi aku sempet diendorse dan produknya masih. Sementara animo temen2 yg nanya produk itu banyak, tp tokonya tutup. Dibanding althea, aku lbh suka hermo krn nggak perlu nunggu lama dan juga produknya variatif!

    Suka

  3. Me too. Sedih banget pas tau bea cukai jadi red line dan semua barang cosmetik dari luar akan susah masuknya. Tapi Althea juga masih fight untuk kirimin produknya ke indo walaupun kita akan dapet warning delay yang gatau sampai kapan meanwhile beberapa perusahaan memutuskan untuk giveup kaya wishtrend, hermo (ini bahkan sampe tutup) , dan stylekorea. Engga cuma mereka aja yg kena imbas, para online shop yg suka beli barang kosmetik dari luar pun juga kena. Intinya kebijakan ini juga merugikan banyak pihak walaupun tujuan sebenernya baik
    http://www.elyayaa.com

    Suka

    1. Hi Ell. Setuju banget sama pendapat kamu. Aku juga awalnya kan pengen jadi reseller Althea karena kebetulan suka sama produknya. Tapi gajadi gegara masalah bea cukai hehe. So sad banget emang. Ga ada jalan lagi emang. Aku aja skrg akhirnya terpaksa ganti merk hhe. Btw kebetulan aku udah bikin yg part 2, if you wanna read too 😊 Thanks for sharing your thought 😄😄
      https://devlaboratory.wordpress.com/2017/09/22/whats-happened-to-althea-hermo-and-style-korean-part-2/

      Suka

  4. Surem masa depan aku beli dimana coba, favku althea udah gak jual kosmetik. Kalau menurut aku selain pajak permasalah lain karena kebanyakan gak punya ijin edar kosmetik dan no bpom. Mulai tahun 2015 seingatku kosmetik apapun dr luar walau pemakaian pribadi tidak boleh masuk ke Indonesia kalau gak punya ijin edar dan bpom. Kalau cari ijin edar n bpom untuk individu mustahil, pemerintah cuman ngasih ke perusahaan. Sebeneranya ini yg impor resmi masih jalan2 aja, cuma yg impor borongan yang kena redline.

    Suka

Tinggalkan komentar