Speechless : Arti Lagu BTS ‘Pied Piper’ Bener-Bener Nampar Fans Secara Halus !

Hi ! Welcome back to my blog ❤

Image result for bts love yourself

Note : Ada dua poin penting di lagu Pied Piper ini.
1. BTS menggunakan cerita legenda kuno untuk mentransfer maksud tujuan pembuatan lagu ini
2. Isi/tujuan dari lirik lagu Pied Piper bener-bener untuk mengkritisi sisi buruk dunia fans. Dan mereka (Bangtan) pengen kita menghindari itu.

So, Lets Begin ..

Awal denger lagu ini, gue langsung suka sama melodinya. Asik banget dan beat-nya pas buat lagu penyemangat. Entah kenapa gue suka joget-joget sendiri kalo pas lagi denger lagu ini. Apalagi part pertama lagu ini langsung diisi sama Jungkook yang suaranya angelic banget. Trus pas masuk part suami gue (read: Suga :p ), gila guys itu keren banget. Rap nya bener-bener swag.

Selesai dengan melodi dan instrumennya yang asik banget itu, gue pun ngikutin segala pemberitaan dan update tentang comeback album Love Yourself : HER ini. Surprisingly, lagu Pied Piper ternyata dibuat khusus buat kita, ARMY ! Ini yang gue suka dari BTS. Mereka selalu bikin lagu khusus buat Army >,< #terharu

By the way, Suga adalah salah satu member yang turut andil dalam pembuatan lagu Pied Piper ini loh. Dalam wawancara terakhir, Suga bilang kalo dia bikin lagu ini sambil mikirin gue (ARMY maksutnya wkwk).

26071178_1189466957852410_4579632260885512192_nAku memikirkan ARMY ketika menuliskan lagu Pied Piper. Aku sebenarnya juga punya penyanyi favorit. Aku memikirkan apa yang aku lakukan dan apa yang ARMY lakukan saat itu, kemudian menulisnya,” kata Suga. Astaga so sweet banget ga sih Suga 💕

Setelah tau ini lagu khusus buat Army, gue langsung searching arti Pied Piper. But damn I cant find anything in Google Translate. It has no meaning guys ! Gue pikir itu emang tulisan bahasa Inggris. Pantes aja gue rada ngerasa aneh sama judulnya. Akhirnya gue searching dah tuh di Google. Eh yang keluar malah kaya cerita legenda kuno. Lah…

1

Meski gasuka baca cerita-cerita dongeng, tapi gue tetep bakal jelasin tentang legenda Pied Piper ini ke kalian. Karena ternyata legenda ini udah pernah difilmkan di Korea tahun 2015 dan ceritanya melekat banget di lagu ini, terutama lirik yang dinyanyiin Jimin, Suga dan J-Hope. Di postingan ini, gue bakal ambil referensi dari Color Coded Lyrics, Wikipedia dan artikel dari website Billboard. So keep on reading ya  !

Author POV :: Kadang suka kesel sama Bangtan wkwk. Kalo mau comeback selalu bikin teori-teori memusingkan. Teori bunga Smeraldo pas teaser Love Yourself aja gue belum ngerti hahaha. Ampun dah. Gue rasa PDnim emang mantan intel ato detektif. But I really appreciate that. Mereka bener-bener keren !

Let’s begin!

Color Coded Lyrics 

I like it more because it’s bad
You know it deep down
You can’t stop it now (you can’t stop)
So be honest with me 

Image result for jungkook bts

Part pertama ini dinyanyiin sama Jungkook. And yeah, gue terlena bats sama suaranya yang super duper angelic huhu. Dari lirik itu, gue mikirnya Bangtan bener-bener sadar kalo kita (Army) bakalan susah banget move on dari lagu-lagu mereka. You can’t stop it, he said. Yeah bener banget elaaaah. Lagu apapun yang mereka bikin selalu bikin gue dengerin lagi dan lagi.

Ditambah mereka bilang, “BE HONEST WITH ME”. Omg , rasanya tuh kaya tangan kita lagi dipegang mereka (Bangtan), trus mereka bilang, “Jujur, kamu ga bisa ninggalin kita kan,” . Sambil ditatap dalam gitu. #eaaaaa #apasih

Stop
Now stop watching and study for your test
Your parents and director hate me
Video clips, pictures, tweets
V app, Bon Voyage
I know, you can’t help what you like
But stop, interpret the music video later
You have so many pictures of me in your room anyway
It’s not just one hour, it’s a whole year that’ll disappear
So this song is an award I’m giving to you
Good girl

Image result for rap monster bts

Yes! Ini part paling nohok. Paling nusuk. Paling jahat. Tapi sesuai kenyataan haha. Dan pas banget part ini dinyanyiin sama RAP MONSTER, sang leader. Beh, suaranya yang berat itu bener-bener kebayang2 mulu.

Rasanya tu yah, kaya kita lagi ditatap tajam sama RAP MON, trus dia bilang “Stop melihat MV dan segala tayangan kami. Buat hidupmu lebih produktif. Kerjakan tugas dan belajarlah untuk ujianmu. Orang tua dan direkturmu akan membenci kami jika kamu terus seperti ini. Aku tahu kamu sangat sulit untuk tidak melihat kami. Tontonlah MV kami nanti , jika pekerjaanmu selesai. Kamu bahkan sudah menyimpan banyak foto kami di kamar. Ini adalah lagu yang kami buat sebagai hadiah dan penghargaan untukmu, good girl,“. Kebayang ga ? Trus habis bilang gitu RAP MON senyum hangat ke kita dan menampilkan lesung pipi nya yang cute itu. Ahhh. Gimana ga tambah sayang ke mereka kalo gini caranya T.T
They care very much for us !

You’re not being punished
Come here, I’m your paradise
Can’t close your eyes
Can’t close your eyes
You can throw a fit but it’s no use
(Don’t reject me)
Just close your eyes, tune your ears

Finally our visual member are coming in this part! Omg gue rasa Jin & V emang cocok nyanyiin part ini. Rasanya pas banget sama karakter Jin yang kaya Ibu Negara, dan karakter V yang hangat ke semua orang. 

Image result for jin v bts

Bayangin, kamu habis dimarahin RAP MON gara2 disuruh belajar dan ngerjain tugas kerjaan (lirik sebelumnya), trus Jin dan V dateng dan bilang, “Gapapa, sini Sayang, kami peluk. Kalau mau nangis, nangis aja. Kami tahu apa yang kamu rasakan“. Wadaw. Meleleh.

Follow the sound of the flute, follow this song
It’s a bit dangerous but I’m so sweet
I’m here to save you, I’m here to ruin you
You called me, see? I’m so sweet
Follow the sound of the flute
I’m taking over you !

Yeah Jimin and Jungkook are coming with their highnote in this part lol. Intinya mereka berdua bilang, “Yasudahlah, ikuti dan dengarkanlah saja lagu kami. Ini bahaya (karena bisa membuat ketagihan spt yang dibilang RAP MON). Tapi gapapa, kami akan tetap menjagamu. Kami bahaya, tapi manis.” 

759aec70f3cb4356ce1d3b6e5c5954b8

Btw kadang gue merasa mereka pede tingkat tinggi ya wkwkw. Tapi gue suka, karena yang mereka bilang emang bener. They are so so so soooooo sweeeet. I’m done with them!

Image result for v bts selca

You know it has already started
The moment you hear that sound

Ini part V. Meski sedikit, tapi terngiang-ngiang karena suaranya yang berat banget itu. Dia bilang, “Aku tau ini sudah dimulai, momen ketika kamu mendengar musik kami.” 

Maybe I’m a bit dangerous
Like the pied piper
I’m testing you
Like the fruit from the tree of good and evil

Image result for suga naver dispatchSelanjutnya adalah part Suga. Seperti yang udah gue jelasin di paragraf awal, lirik ini bener-bener savage. Pas banget sama karakter SUGA. Apalagi pake ada imbuhan “Ha?” di belakang kalimat eojjeomyeon geurae naneun jogeum wiheomhaeBerasa nantang gitu. Apalagi arti liriknya adalah mungkin aku sedikit berbahaya. Jadi kalo digabungin : Mungkin aku sedikit berbahaya, ha ?! Gue jadi bener-bener ngebayangin mas Suga ngomong kaya gitu ke kita dengan ekspresi dinginnya :p

Dan… ini adalah part yang paling susah dimengerti wkwkkwk.

SUGA udah bawa-bawa Pied Piper tuh. “Aku sedikit bahaya, seperti Pied Piper.” Lah, terus Pied Piper itu apa ? Hiks. Terpaksa gue baca lagi dah tuh Wikipedia. Sapa tau nyambung kkk :v

Setelah beberapa menit baca legendanya di Wikipedia – Pied Piper of Hamelin, gue SHOCK ! Ternyata Pied Piper itu adalah julukan buat peniup seruling di kota Hamelin, Jerman. Piper – berasal dari kata pipe (seruling). Dan Pied – artinya penuh warna. Jadi ceritanya si Pied Piper ini dulu suka pake baju yang berwarna-warna gitu. 

Nah, karakter si Pied Piper emang sesuai sama yang BTS bilang di liriknya. Dangerous and Sweet. Jadi, ceritanya dulu dia dimintai tolong oleh warga kota Hamelin buat mengusir tikus yang menjadi wabah epidemik di sana. Nah, karena serulingnya itu ceritanya “ajaib”, si Pied Piper akhirnya berhasil mengusir tikus-tikus di sana dengan memainkan serulingnya. Dia mengarahkan tikus-tikus itu keluar dari kota Hamelin. Sayangnya, warga di sana ga mau membayarnya. Mereka ingkar janji. Pied Piper yang awalnya baik hati pun balas dendam dengan mengarahkan anak-anak warga untuk keluar dari kota itu seperti yang dia lakukan terhadap tikus-tikus.

Yang lebih bikin gue shock lagi, ternyata gue udah pernah nonton film nya ! Tapi film versi Korea, judulnya The Piper. Gue sebenernya nonton film ini karena dia masuk genre Horor (FYI, gue suka horor). Pas gue tonton, ternyata kaga ada horornya sama sekali haha. Tapi jalan ceritanya bener-bener melekat sampe sekarang karena….bikin mikir ! Serius, kalo kalian ngelewati scene-nya 5 detik aja, pasti pada bingung wkwkwk. Duh, pokoknya gue ga nyangka kalo ternyata lagu ini ada hubungannya sama film The Piper haha. So lucky banget gue yang udah nonton film itu jadi lebih gampang nyambungnya sama liriknya SUGA. Buat kalian, mending tonton film The Piper deh. Serius ceritanya itu melatih intelegensi kita dan emosinya bener-bener dapet. Cerita versi Korea nya ini bahkan lebih tragis dibandingin sinopsis cerita legenda aslinya di Wikipedia. Gue ga mau spoiler di sini, jadi kalian tonton sendiri aja hehe :p Linknya udah gue tautin di atas tuh. Tinggal klik aja. 

Related image

My pipe awakens everything
That sound burns you up even more
You’re pulled by it, you react
I’m endlessly blowing
I’m your guilty pleasure
You can’t escape
Never

Related imageLirik ini dinyanyiin sama J-Hope. Intinya, dia bilang, Serulingku bisa membangunkan siapapun, membakarmu, membuatmu nyaman dan mengikuti irama yang aku buat. Kamu tidak bisa lari. Tidak akan pernah bisa.

Yass !! Sesuai cerita legenda Pied Piper. Tidak ada yang bisa lari dari suara seruling si Pied Piper. Mau manusia ataupun hewan. 

Sama kaya lagu BTS, gue akui. Semua lagu mereka GA ADA YANG GA GUE SUKA. Yes, they are the modern pied piper I thought haha. 

So guys, finally gue paham. Paham bener dah sama lagu Pied Piper ini. Gila ya, mereka jenius banget kalo bikin lagu. Jadi intinya mereka menganggap bahwa mereka itu mirip seperti Pied Piper. Yes. Gue akui. Tapi… mereka ga mau kita terjerumus menjadi orang yang ga produktif. Jadi kaya tikus-tikus itu tadi. Mereka pengen kita mengatur waktu kita sebaik mungkin. Dukung mereka boleh, nonton mereka boleh banget. Mereka sangat berterima kasih. Tapi mereka ga pengen kita berlebihan/fanatik sehingga lupa sama dunia kita sendiri. That’s why mereka bikin lagu Pied Piper ini buat kita.

Yah, teorinya emang bikin pusing. Tapi sadar ga sih kalian, kalo Bangtan selalu ngebawa pengetahuan tentang culture di beberapa lagu mereka ? Entah itu legenda ataupun kepercayaan budaya. Masih inget sama lagu Baepsae/Silver Spoon kan?. Lagu itu bahkan punya banyak nama lain gara-gara setiap negara punya culture yang namanya Silver Spoon (ini sebutan di negara western, kalo di Korea namanya Baepsae).

Jadi mau ga mau, kalian kudu belajar sejarah. Kudu ngerti budaya luar. Ga cuma cinta-cintaan aja isinya wkwkwk :p Sumpah. Mereka jenius banget !!

From Billboard Article 

Nah, Billboard juga sempet ngadain wawancara khusus dengan BTS tentang arti dari lagu Pied Piper ini dalam artikelnya yang berjudul BTS’ ‘Pied Piper’ Is Filled With Tough Love Towards Fan Culture .

Intinya, BTS emang melakukan kritik tentang bahaya the obsessive nature of fans (fanatics) dan himbauan kepada fansnya agar tidak berlebihan. Sebagai tambahan, di lirik bagian SUGA (naneun neoreul shiheomhae, almyeonseodo ikkeullineun seonakgwacheoreom), Bangtan juga menyampaikan bahwa dunia fans itu seperti dunia surgawi. Mereka mengibaratkan band/idol sebagai buah khuldi yang menggoda Adam dan Eve agar jauh dari jalan yang lurus. So, they warned us to stay in our way though we have an idol. Ahh it’s too sweet.

Anw guys, gue barusan bikin English cover Pied Piper, tapi Army Version. Liriknya pakai bahasa Inggris, dan isinya adalah jawaban dari Army buat BTS. Gue juga bikinin translate bahasa Indonesianya dan bikin percakapan antara Bangtan dan ARMY 🙂

For more -_ Click link below

Baca selengkapnya di sini 👉🏽 Lirik & Terjemahan – ARMY’s Answer to Pied Piper by BTS

So this is it guys ! Gimana udah makin cinta sama Bangtan ? Gue iya. Bahkan sama PDnim gue juga makin jatuh cinta haha.

 

Thanks for reading ! Feel free to comment and share your thought ❤

Love,

PicsArt_07-28-02.19.08

 

16 respons untuk ‘Speechless : Arti Lagu BTS ‘Pied Piper’ Bener-Bener Nampar Fans Secara Halus !

  1. Berawal dari searching situs terpercaya buat belanja kosmetik Korea, nyasar ke blog si mbak, dan menemukan ARMY lain, kemudian nyasar ke tulisan ini dan ..aku sangat tertohok T___T
    Meskipun aku nggak pernah ngidol sampai ngeborong merchandise tapi belakangan ini bener-bener keseringan nonton clip BTS lol. Padahal usia udah berapa, harus fokus menata hidup! Hahahaha. Tapi seriusan, takjub bener aku. Sejak ngikutin Kpop dari tahun 2008, baru kali ini nemu idol group yang tidak pernah melepaskan diri dari realita kehidupan. Terus aku makin cinta deh sama BTS. Gimana dong. Padahal si Seokjin yang notabene paling tua aja udah lebih muda dari usiaku. Haduuuuhh, baiklah aku akan berhenti ngidol sejenak :))))

    Suka

    1. Hi kak Nuri. Makasih udah mampir ke blog aku ^^. Btw kak Nuri lebih senior ketimbang aku yang baru jadi Kpopers tahun lalu haha. Serius Kakak lebih tua dari Jin ? Deabak. Emang kak, ngefans sama artis Kpop itu daya tahannya lama. Aku juga pernah meneliti tentang penyebabnya dan nulis tentang itu di artikel https://devlaboratory.wordpress.com/2017/07/19/making-someone-falling-in-love-with-you-indonesia-vs-south-korea/
      Gapapa kak tetep lanjutkan kalo kakak emang masih suka. Kalo udah jadi figur atau panutan, bakal susah diubah. Lagian ga ada aturan kalo udah dewasa ga boleh jadi Kpopers kan haha. Aku juga sepertinya bakal terus jadi Kpopers meski udah nikah nanti. Perjuangan para artis Kpop (yang positif) bisa kita tularin ke anak2 kita nanti yakan hehe. *ngomongnyajauhbanget :p

      Suka

  2. my good, aku kek ngerasa menemukan sebuah harta karun haha, hai kak aku ARMY juga dan kebetulan aku lagi penaran sama kata ” Pied Piper” dan kemudian aku inget kalo lagu babang gue (Bangtan) ada yang berjudul Piep Piper dan akhirnyaa……. jeng.. jeng.. jeng.. aku nemuin tulisan kakak ini, my god suka banget hahaha T….T keknya aku yang berlebihan pokoknya thank’s buat infonya ya kak Dev 🙂

    Suka

  3. Lagu fav aku neh. Btw, dunia fans emang unia surgawi banget. Kalau lagu streaming MV Vlive dll suka kelewat batas bahkan lupa segalanya. Kenapa aku baru sadar teori ini eoh? Mas Suga ngingetin banget jangan sampai terlene, parah! BANGTAN emang kereen sih 😣

    Suka

  4. Thanks kak, ulasannya lengkap bgt terutama buat aku ARMY yang masih dibilang newbie. Setiap baca arti dari setiap lirik lagu-lagunya BTS, jadi makin cinta akunya sama mereka. Semangat terus buat kakak…

    Suka

  5. Salam kenal kaak, terima kasih sudah sharing tulisannya, ini bagus bangeeet hehe
    btw, kebetulan saya lagi bikin penelitian skripsi tentang lagu Pied Piper ini, saya mau izin kutip tulisan kaka ini di skripsi saya boleh tidak kaak? hehe Terima kasiih ^^

    Suka

  6. Akhirnya bisa tidur tenang 😂. Sumpah makna nya keren banget, gak cuma sekedar buat hiburan telinga, tapi juga ada unsur nasihat di lirik lagunya buat fans pula. Melodinya pun aku suka banget muter berkali-kali pun gak bosen. Agree with you 😀

    Suka

Tinggalkan komentar